Skip to main content

Tutorial membuat lubang jendela dengan 3Dmax 2012

ok sesuai janji saya pada posting sebelumnya, saya akan menunjukan lengkah-langkah untuk membuat jendela dan pintu, sebenarnya pada 3Dmax sudah disediakan objek jenela dan pintu pada tab Create | Geometry lalu pilih windows (untuk jendela) dan Doors (pintu), tapi saya tidak menggunakan pilihan itu dan membuatnya secara manual. kita mulai saja dengan membuka file 3D yang kemarin yaitu tentang dinding.

gambar 1

aktifkan left viewport, buat objek box dengan mengklik tab Create | Geometry lalu pilih tab Standard Primitive pilih Box. lalu buat dengan cara mendrag pointer anda seperti gambar di bawah ini :

klik dari posisi1 dan drag ke posisi 2 lalu klik di posisi 3

ubah nama dan ukurannya agar sama dengan lebar dinding, ubah nama menjadi lubang _jendela dengan length = 1500, width = 1500, dan height = 500 pada tab modify.

setelah itu aktifkan Snap toggle dengan mengklik kiri,
lalu klik kanan untuk membuka opsi seperti gambar di bawah, pilih dan aktifkan cek midpoint 

jika sudah tutup jendela Grid and Snap Settings, lalu pilih tombol select and move 

pindahkan objek lubang_jendela dengan cara klik 1 lalu drag ke 2
1

2

kemudian tekan f12 pada keyboard, isi offset:Screen dan ubah X = -2500 dan Y 700

tutup jendela move transform type-in lalu non aktifkan snap toggle. anda pastikan lubang jendela masih aktif.
setelah itu kita akan copy objek sebanyak 3kali dengan menggunakan menu Tools | Array.
tampilannya akan seperti ini :
pastikan X = 2500, type of Object = copy dan count pada 1D = 3.

maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini:

stelah itu di kloning 3 objek tersebut untuk di buat jadi kusennya . dengan mengklik menu edit | clone.
jika sudah, ubah namanya menjadi kusen.

klik tombol select by name pilih 3 object dengan nama lubang_dinding dengan menekan tmbol Ctrl.

lalu kita gabungkan dlu 3 object tersebut dengan menu tab Utilities dan pilih colapse. lalu klik colapse selected 


setelah itu kita klik objek dinding, klik Geometry lalu pilih boolean, lalu klik pick operand B lalu untuk memilih objek yang untuk melubangi klik select by name pilih lubang_dinding.
maka jadilah lubang untuk dinding. tapi tidak kelihatan karena tertutup kusen.

untuk membuat kusen jendela dan kaca akan saya lanjut pada tutorial selanjutnya yaitu tuturial membuat kusen jendela.
 terimakasih.









Comments

Popular posts from this blog

tutorial membuat kaca jendela dan pintu dengan 3Dmax 2012

oke langsung aja kita mulai membuat kusen dan kaca jendela serta pintu,, oiya saya melanjutkan project dari postingan saya sebelumnya. jadi untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada postingan saya sebelumnya terimakasih :) untuk membuat jendela dan pintu sangatlah sederhana, jika anda sudah mengerti tentang software 3Dmax, anda tidak akan kesulitan untuk membuatnya. pertama saya buka projek saya sebelumnya, tampilannya seperti pada gambar di bawah: pada gambar diatas, ukuran jendela yakni length 1500 dan weigth 1500 dan height 500. dan dinding sudah berlubang seukuran jendela, bagi yang belum tahu cara melubangi objek bisa anda lihat pada postingan saya sebelumnya :) oke setelah itu ubah height menjadi 150 pada objek tersebut. jika sudah maka selanjutnya mengclone objek tersebut dan diberinama lubang_kusen. dan ubah ukurannya menjadi length = 1380 dan weith = 660. hasilnya seperti gambar dibawah ini selanjutnya kita geser dengan mengklik select and move lalu tekan f12 key

Tutorial membuat ruangan dengan 3Dmax 2012

munkin teman2 masih ada yang bingung mengenai software 3Dmax, gimanasih cara pakai 3Dmax itu, atau mungkin masih baru mulai mengenal software 3Dmax, jadi menurut saya software 3D ini membatu teman2 untuk dapat menciptakan design ruangan atau interior temen2 sendiri, ok langsung aja kita mulai tutorialnya. oiya saya pakai soft 3Dmax Autodesk 2012, bagi yang belum punya softwarenya bisa di download DISINI pertama Buka 3Dmax nya, tampilannya seperti gambar di bawah ini : lalu jangan lupa untuk mengubah unit setupnya dengan mengklik Customize | Unit Setup. jika sudah klik Metric dan aktifkan Millimeter . langkah berikutnya yaitu pilih Top viewport, dengan jalan mengkliknya langsung ke kotak pojok kiri atas. lalu untuk membuat sebuah objek pilih 1.klik  Create , 2.klik Geometry , pastikan dalam kotak opsi tertulis Standard Primitives. 3.klik Box . buatlah kotak di top viewport seperti ini : klik dari titik 1 lalu drag ke titik 2 lepas drag lalu klik di titik 3. setela