Skip to main content

tutorial membuat kaca jendela dan pintu dengan 3Dmax 2012

oke langsung aja kita mulai membuat kusen dan kaca jendela serta pintu,, oiya saya melanjutkan project dari postingan saya sebelumnya. jadi untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada postingan saya sebelumnya terimakasih :)

untuk membuat jendela dan pintu sangatlah sederhana, jika anda sudah mengerti tentang software 3Dmax, anda tidak akan kesulitan untuk membuatnya.

pertama saya buka projek saya sebelumnya, tampilannya seperti pada gambar di bawah:


pada gambar diatas, ukuran jendela yakni length 1500 dan weigth 1500 dan height 500. dan dinding sudah berlubang seukuran jendela, bagi yang belum tahu cara melubangi objek bisa anda lihat pada postingan saya sebelumnya :)

oke setelah itu ubah height menjadi 150 pada objek tersebut. jika sudah maka selanjutnya mengclone objek tersebut dan diberinama lubang_kusen. dan ubah ukurannya menjadi length = 1380 dan weith = 660.
hasilnya seperti gambar dibawah ini

selanjutnya kita geser dengan mengklik select and move lalu tekan f12 keyboard dan masukan nilai 360 pada kolom nilai Y. maka hasilnya seperti ini

nah selanjutnya kita clone dengan array objek tersebut, agar lubang jendela jadi 2. tekan CTRL + V. klik ok, tekan f12 pada keyboard ubah nilai y menjadi -720. maka objek tersebut jadi 2 seperti gambar di bawah ini
clone lagi kedua objek tersebut, karena akan di jadikan kaca_jendela, setelah anda clone, lubangi kaca jendela dengan lubang_jendela dengan cara pilih tab Compound objek lalu pilih boolean. pick operand b pilih lubang_kusen
dan ganti height pada kaca menjadi 50.
hasilnya akan seperti ini.
oiya objek kusen sebelah kanan sengaja say hapus agar mudah dilihat pada proses clone jendela sebelah kirinya. selanjutnya kita grup dahulu jendela tersebut, kemudian
clone dengan cara pilih Tools | array. akan muncul tampilan seperti ini.


ubah nilai Y menjadi -2500 dan count pada 1D menjadi 3.
hasilnya seperti gambar di bawah ini.

lanjut, kita akan membuat pintu, sebenarnya sama saja caranya seperti membuat jendela, kita buat dulu ukurannya, kita lubangi, beri motif sperti kaca, oke mari kita buat.

pertama aktifkan front viewport, pilih Create | Geometry lalu pilih standard primitive dan klik box. buat objek pada front viewport.
modify length 2000, weigth 900 dan height 500. aktikan snap toggle
klik pintu dan tempelkan pada lantai, maka hasilnya adalah sebagai berikut.
kemudian kita buat clone pintu, dan ubah nam menjadi kusen_pintu

kemudian klik dinding, pilih boolean pada menu Create | Compound object
pilih pick operand B. klik select by name, pilih objeck lubangpintu. ok selesai melubangi pintu.

selanjutnya kita ubah ukuran dari kusen pintu, height = 150. karena setelah kita ubah object akan pindah ke dalam maka kita pindah kan ke tempatnya dengan cara tekan f12 keyboard ubah nilai Y = -350. maka akan seperti gambar brikut.

lanjut, kita clone lagi kusen_pintu ini dan beri nama lubang_kusen.
jika sudah, ubah nilai legth =1940 dan weigth =780.
kemudian clone lagi lubang_kusen dan beri nama pintu.
kemudian kita lubangi kusen dengan cara pilih boolean pada menu Create | Compound object
pilih pick operand B. klik select by name, pilih objeck lubang kusen. jika objek pintu ditaik maka akan terlihat seperti ini.
ok terkhir tinggal mengubah ukuran tebal pintu menjadi height = 50. seperti ini hasilnya:

sekian tutorial dari saya, mohon maaf apabila masih terdapat kekurangan dalan posting saya kali ini. terima kasih :)

untuk link contoh program pada delphi bisa klik disini

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial membuat lubang jendela dengan 3Dmax 2012

ok sesuai janji saya pada posting sebelumnya, saya akan menunjukan lengkah-langkah untuk membuat jendela dan pintu, sebenarnya pada 3Dmax sudah disediakan objek jenela dan pintu pada tab Create | Geometry lalu pilih windows (untuk jendela) dan Doors (pintu), tapi saya tidak menggunakan pilihan itu dan membuatnya secara manual. kita mulai saja dengan membuka file 3D yang kemarin yaitu tentang dinding. gambar 1 aktifkan left viewport, buat objek box dengan mengklik tab Create | Geometry lalu pilih tab Standard Primitive pilih Box. lalu buat dengan cara mendrag pointer anda seperti gambar di bawah ini : klik dari posisi1 dan drag ke posisi 2 lalu klik di posisi 3 ubah nama dan ukurannya agar sama dengan lebar dinding, ubah nama menjadi lubang _jendela dengan length = 1500, width = 1500, dan height = 500 pada tab modify. setelah itu aktifkan Snap toggle dengan mengklik kiri, lalu klik kanan untuk membuka opsi seperti gambar di bawah, pilih dan aktifkan cek midpoi

Tutorial membuat ruangan dengan 3Dmax 2012

munkin teman2 masih ada yang bingung mengenai software 3Dmax, gimanasih cara pakai 3Dmax itu, atau mungkin masih baru mulai mengenal software 3Dmax, jadi menurut saya software 3D ini membatu teman2 untuk dapat menciptakan design ruangan atau interior temen2 sendiri, ok langsung aja kita mulai tutorialnya. oiya saya pakai soft 3Dmax Autodesk 2012, bagi yang belum punya softwarenya bisa di download DISINI pertama Buka 3Dmax nya, tampilannya seperti gambar di bawah ini : lalu jangan lupa untuk mengubah unit setupnya dengan mengklik Customize | Unit Setup. jika sudah klik Metric dan aktifkan Millimeter . langkah berikutnya yaitu pilih Top viewport, dengan jalan mengkliknya langsung ke kotak pojok kiri atas. lalu untuk membuat sebuah objek pilih 1.klik  Create , 2.klik Geometry , pastikan dalam kotak opsi tertulis Standard Primitives. 3.klik Box . buatlah kotak di top viewport seperti ini : klik dari titik 1 lalu drag ke titik 2 lepas drag lalu klik di titik 3. setela