oke langsung aja kita mulai membuat kusen dan kaca jendela serta pintu,, oiya saya melanjutkan project dari postingan saya sebelumnya. jadi untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada postingan saya sebelumnya terimakasih :)
untuk membuat jendela dan pintu sangatlah sederhana, jika anda sudah mengerti tentang software 3Dmax, anda tidak akan kesulitan untuk membuatnya.
pertama saya buka projek saya sebelumnya, tampilannya seperti pada gambar di bawah:
pada gambar diatas, ukuran jendela yakni length 1500 dan weigth 1500 dan height 500. dan dinding sudah berlubang seukuran jendela, bagi yang belum tahu cara melubangi objek bisa anda lihat pada postingan saya sebelumnya :)
oke setelah itu ubah height menjadi 150 pada objek tersebut. jika sudah maka selanjutnya mengclone objek tersebut dan diberinama lubang_kusen. dan ubah ukurannya menjadi length = 1380 dan weith = 660.
hasilnya seperti gambar dibawah ini
selanjutnya kita geser dengan mengklik select and move lalu tekan f12 keyboard dan masukan nilai 360 pada kolom nilai Y. maka hasilnya seperti ini
nah selanjutnya kita clone dengan array objek tersebut, agar lubang jendela jadi 2. tekan CTRL + V. klik ok, tekan f12 pada keyboard ubah nilai y menjadi -720. maka objek tersebut jadi 2 seperti gambar di bawah ini
clone lagi kedua objek tersebut, karena akan di jadikan kaca_jendela, setelah anda clone, lubangi kaca jendela dengan lubang_jendela dengan cara pilih tab Compound objek lalu pilih boolean. pick operand b pilih lubang_kusen
dan ganti height pada kaca menjadi 50.
hasilnya akan seperti ini.
oiya objek kusen sebelah kanan sengaja say hapus agar mudah dilihat pada proses clone jendela sebelah kirinya. selanjutnya kita grup dahulu jendela tersebut, kemudian
clone dengan cara pilih Tools | array. akan muncul tampilan seperti ini.
ubah nilai Y menjadi -2500 dan count pada 1D menjadi 3.
hasilnya seperti gambar di bawah ini.
lanjut, kita akan membuat pintu, sebenarnya sama saja caranya seperti membuat jendela, kita buat dulu ukurannya, kita lubangi, beri motif sperti kaca, oke mari kita buat.
pertama aktifkan front viewport, pilih Create | Geometry lalu pilih standard primitive dan klik box. buat objek pada front viewport.
modify length 2000, weigth 900 dan height 500. aktikan snap toggle
klik pintu dan tempelkan pada lantai, maka hasilnya adalah sebagai berikut.
kemudian kita buat clone pintu, dan ubah nam menjadi kusen_pintu
kemudian klik dinding, pilih boolean pada menu Create | Compound object
pilih pick operand B. klik select by name, pilih objeck lubangpintu. ok selesai melubangi pintu.
selanjutnya kita ubah ukuran dari kusen pintu, height = 150. karena setelah kita ubah object akan pindah ke dalam maka kita pindah kan ke tempatnya dengan cara tekan f12 keyboard ubah nilai Y = -350. maka akan seperti gambar brikut.
lanjut, kita clone lagi kusen_pintu ini dan beri nama lubang_kusen.
jika sudah, ubah nilai legth =1940 dan weigth =780.
kemudian clone lagi lubang_kusen dan beri nama pintu.
kemudian kita lubangi kusen dengan cara pilih boolean pada menu Create | Compound object
pilih pick operand B. klik select by name, pilih objeck lubang kusen. jika objek pintu ditaik maka akan terlihat seperti ini.
ok terkhir tinggal mengubah ukuran tebal pintu menjadi height = 50. seperti ini hasilnya:
sekian tutorial dari saya, mohon maaf apabila masih terdapat kekurangan dalan posting saya kali ini. terima kasih :)
untuk link contoh program pada delphi bisa klik disini
untuk membuat jendela dan pintu sangatlah sederhana, jika anda sudah mengerti tentang software 3Dmax, anda tidak akan kesulitan untuk membuatnya.
pertama saya buka projek saya sebelumnya, tampilannya seperti pada gambar di bawah:
pada gambar diatas, ukuran jendela yakni length 1500 dan weigth 1500 dan height 500. dan dinding sudah berlubang seukuran jendela, bagi yang belum tahu cara melubangi objek bisa anda lihat pada postingan saya sebelumnya :)
oke setelah itu ubah height menjadi 150 pada objek tersebut. jika sudah maka selanjutnya mengclone objek tersebut dan diberinama lubang_kusen. dan ubah ukurannya menjadi length = 1380 dan weith = 660.
hasilnya seperti gambar dibawah ini
selanjutnya kita geser dengan mengklik select and move lalu tekan f12 keyboard dan masukan nilai 360 pada kolom nilai Y. maka hasilnya seperti ini
nah selanjutnya kita clone dengan array objek tersebut, agar lubang jendela jadi 2. tekan CTRL + V. klik ok, tekan f12 pada keyboard ubah nilai y menjadi -720. maka objek tersebut jadi 2 seperti gambar di bawah ini
clone lagi kedua objek tersebut, karena akan di jadikan kaca_jendela, setelah anda clone, lubangi kaca jendela dengan lubang_jendela dengan cara pilih tab Compound objek lalu pilih boolean. pick operand b pilih lubang_kusen
dan ganti height pada kaca menjadi 50.
hasilnya akan seperti ini.
oiya objek kusen sebelah kanan sengaja say hapus agar mudah dilihat pada proses clone jendela sebelah kirinya. selanjutnya kita grup dahulu jendela tersebut, kemudian
clone dengan cara pilih Tools | array. akan muncul tampilan seperti ini.
ubah nilai Y menjadi -2500 dan count pada 1D menjadi 3.
hasilnya seperti gambar di bawah ini.
lanjut, kita akan membuat pintu, sebenarnya sama saja caranya seperti membuat jendela, kita buat dulu ukurannya, kita lubangi, beri motif sperti kaca, oke mari kita buat.
pertama aktifkan front viewport, pilih Create | Geometry lalu pilih standard primitive dan klik box. buat objek pada front viewport.
modify length 2000, weigth 900 dan height 500. aktikan snap toggle
klik pintu dan tempelkan pada lantai, maka hasilnya adalah sebagai berikut.
kemudian kita buat clone pintu, dan ubah nam menjadi kusen_pintu
kemudian klik dinding, pilih boolean pada menu Create | Compound object
pilih pick operand B. klik select by name, pilih objeck lubangpintu. ok selesai melubangi pintu.
selanjutnya kita ubah ukuran dari kusen pintu, height = 150. karena setelah kita ubah object akan pindah ke dalam maka kita pindah kan ke tempatnya dengan cara tekan f12 keyboard ubah nilai Y = -350. maka akan seperti gambar brikut.
lanjut, kita clone lagi kusen_pintu ini dan beri nama lubang_kusen.
jika sudah, ubah nilai legth =1940 dan weigth =780.
kemudian clone lagi lubang_kusen dan beri nama pintu.
kemudian kita lubangi kusen dengan cara pilih boolean pada menu Create | Compound object
pilih pick operand B. klik select by name, pilih objeck lubang kusen. jika objek pintu ditaik maka akan terlihat seperti ini.
ok terkhir tinggal mengubah ukuran tebal pintu menjadi height = 50. seperti ini hasilnya:
sekian tutorial dari saya, mohon maaf apabila masih terdapat kekurangan dalan posting saya kali ini. terima kasih :)
untuk link contoh program pada delphi bisa klik disini
Comments
Post a Comment